Friday 2 November 2012

KENDALA BIKIN KTP & KK DI KECAMATAN NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP

Memang tidak salah banyak orang mengatakan membuat KTP (Kartu Tanda Penduduk) itu merepotkan dan biayanya mahal.

Pengalaman saya membuat KTP dan KK (Kartu Keluarga) di Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap, sangat membingungkan. Ada beberapa yang bagi saya itu janggal:

1. Saya disuruh membayar Rp. 25.000,-
untuk biaya pembuatan KTP dan KK, mungkin itu untuk biaya administrasi-nya, atau apa saya juga kurang tahu, karena tidak dijelaskan secara mendetail, yang penting saya ditanya, mana uangnya? ketika saya tanya ternyata Rp. 25.000,-, dan saya berkata waduh, pak uang-nya kurang. Dan petugas di Kecamatan Nusawungu mengatakan "ya sudah, besok saja kalau sudah jadi, tp ini saya tulis di kartu pengambilan BB (Belum bayar).

2. yang KEDUA, adalah bahwa pembuatan KTP dan KK jadinya 7 hari atau sekitar 1 minggu, dan di surat pengambilan KTP dan KK ditulis tanggal jadi nya KTP/KK, dan di bawah ditandatangi dan ditulis BB (atau belum bayar), dan ditulis tanggal 17 Oktober 2012 sebagai tanggal selesainya pembuatan KTP dan KK.

3. KETIGA, bayangan saya kalau diambil setelah tanggal 17 Oktober 2012, KTP dan KK harusnya sudah jadi, tapi ternyata saya ambil tanggal 23 Oktober 2012, BELUM JADI.... ternyata belum jadi. wowww

4 KEEMPAT, Setelah ditanyakan kenapa belum jadi? Petugas di Kecamatan Nusawungu mengatakan bahwa kalau belum dibayar ya belum dicetak, dan akhirnya ditunggu hingga jam 11:25 wib baru bisa jadi dan KTP/KTP diserahkan.

5. KELIMA, Saya jadi heran, jadi proses PELAYANAN pembuatan KTP/KK harus bayar dulu baru bisa dikerjakan, saya bisa bayangkan kalau proses layanan harus berbayar terlebih dahulu, pasti merepotkan, sedangkan Telephon Celuller juga ada pra-bayar dan pasca bayar.... Bagaimana yach.....

6. KEENAM, padahal di dinding kaca depan petugas sudah jelas tertulis, bahwa KTP dan KK yang tidak jadi bukan karena belum bayar, tetapi karena kekeliruan informasi/data dari form pengajuan warga.


3 comments:

  1. Betul sekali anak saya lebih parah lagi sudah ngasih berkas dari bulan desember baru rekaman bulan april dan sampai hari belum ada juntrunganya malah galakan orang kecamatan kalau di tanya

    ReplyDelete
  2. Walah, kalau sekarang sepertinya sudah lebih mudah...

    Tapi sampai sekarang, saya belum pernah mencoba mengurus pembuatan KTP....

    Sebenarnya, anggaran operasional kecamatan bersumber dari APBD Kabupaten, seyogyanya tdk ada layanan yang berbiaya, alias gratis...

    Apalagi kotak infak, nanti dikira kayak kotak infak mushola atau kotak infak masjid.
    "

    ReplyDelete
  3. Walah, kalau sekarang sepertinya sudah lebih mudah...

    Tapi sampai sekarang, saya belum pernah mencoba mengurus pembuatan KTP....

    Sebenarnya, anggaran operasional kecamatan bersumber dari APBD Kabupaten, seyogyanya tdk ada layanan yang berbiaya, alias gratis...

    Apalagi kotak infak, nanti dikira kayak kotak infak mushola atau kotak infak masjid.
    "

    ReplyDelete